// // 1 comment

Siapa bilang anak sehat itu cerdas ! 6 kunci sukses mempersiapkan anak tumbuh sehat dan cerdas





BAB1
Orang Tua Perlu Tahu Cara Mempersiapkan Anak Tumbuh Sehat dan Cerdas
Siapa bilang anak sehat pasti cerdas…!
Dengan membaca buku ini anda akan menepis persepsi masyarakat yang salah ditafsirkan tentang image anak,anggapan kalau anak sehat pasti cerdas. Belum tentu jawaban dari buku ini,karena kecerdasan anak dapat diasah melalui stimulasi(rangsangan)kecerdasan.
Lalu untuk apa anak sehat itu?
Anak sehat tentusangat membantu proses tumbuh kembang,jangan sampai terlambat sebab kalau terlambat tentu dapat mengganggu kecerdasan anak.Berarti sehat itu penting,kan?
Jawaban,ya,tentu penting.
            Tetapi kenapa sehat belum tentu cerdas?Benar,ini bila orang tua hanya memperhatikan sehat fisik saja,tanpa membirakan pemenuhan kebutuhan yang lain,seperti asah,asih,dan asuh.Alasan tersebut karena banyak orang tua yang mengasuh anak di serahkan pada sang pembantu (beby sister) yang belum tahu caranya,tanpa memberi sentuhan sedikitpun,tanpa memperdulikan kebutuhan anak sehingga potensi yang ada pada diri anak tidak di kembang kan.
            Karena itu dengan membaca buku ini anda akan memahami bagaimana mempersiapkan anak agar tumbuh sehat dan cerdas dengan memehami berbagai kunci sukses yang terkandung dalam buku ini.
Kunci sukses 1
Kenali tumbuh kembang anak sejag dini
            Masa tumbuh kembang adalah masa-masa tumbuh dalam membentuk kematangan anak,masa tersebut dalam proses tumbuh kembang menurut para ahli dikatakan sebagai masa telah bertambah jumlah dan besarnya sel pada seluruh atau bagian tubuh secara kuantitatif (besaran) dan telah bertambah sempyrnanya pungsi alat tubuh dalam mencapai proses kematangan 
            Pada masa tersebut anak dapat mengalami prosespercepatan dan perlambatan.banyak andajumpai pada anank – anank,dalam proses menuju kematangan tidak sama ada yang cepat ada juga yang lambat,hal tersebut kadang-kadang anda tidak sadari dan menganggapnya hal yag biasa.bila anggapan demkian terus dibiarkan,dapat mempengaruhi proses tumbuh kembang anak.
            Selain itu anda sebagai orang tua terkadang menggap masa tumbuh kembang anakdilihat dari ukuran fisik saja tapi tidak memperlihatkan kematangan dalam aspe yang lain,misalnya saja,aspek sosial sepertibagaimana anak bersosialisasi (berkumpul) dengan taman sebayanya.selain aspek sosial tersebut,ada aspek intelektual dan emosional yang perlu anda diperhatikan juga aspek intelektual tersebut,dapat anda lihat dari kemampuan secara simbolis dan abstrak,seperti berbicara,bermain,berhitung dan membaca dll.abstrak emosiaonal dapat ditunjukan dari prilaku sosial lingkungan anak.
            Proses tumbuh kembang tersebut mengingat anda,bahwa anank memiliki pola untuk tumbuh dan berkembang yang berpariasi dari anak satudengan lainnya,karena itu,memahami pola pertumbuhan dan perkembangan adalah suatu keharusan yang harus dimiliki oleh orang tua,karena pola tersebut merupakan suatu gambaran dari pristiwa dimana organ atau fungsi tubuh akan mengalami percepatan dan perlambatan dalam proses menuju kematangan.
            Banyak sekali anda jumpai orang tua dalam memenuhi kebutuhan anak sering kali tidak memperhatikan waktu yang tepat untuk simulasi sehingga hasilnya pun tidak optimal.
BAGAIMANA TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN ANAK?
            Pertama pada masa kandungan masa ini terdiri dua tahap,yaitu tahap embrio dan tahap fetus pada tap embrio,tumbuhan dimulai pada 8 minggupertama dengan terjadi dafisiensi yang cepat dari oknum suatu organism dan terbentuknya manusia.Pada minggu kedua,terjadi pembelahan sel,terjadi pemisahan jaringan antara endoterm dan ectoderm pada minggu ketiga terbntk lapsan mesoderm.Pada masa ini sampai umur tujuh minggu,belum tampak terjadi gerakan yang menonjol hanya denyut jantung janin sudah mulai dapat berdenyut sejak 4 minggu.
            Kedua,masa neonates (0-28 hari). Pada masa ini terjadi kehidupan yang baru dalam ekstra uteri(di luar kandungan),dengan terjadi proses adaptasi semua system organ tubuh.Proses adaptasi dari organ tersebut dimulai dari aktivitas pernapasan yang disertai pertukaran o2 dan Co2 dengan frekuensi pernapasan antara 35-50 kali per menit.
            Ketiga,masa bayi,pada usia tiga bulan pertama,ditemukan berbagai perubahan yang terjadi,diantaranya kemampuan mengelola gerakan bola mata untuk mengikat suatu objek yang akan lebih sempurna sejalan dengan penambahan umur,kemampuan mengenal dan membedakan seorang dengan benda,melakukan senyum,bersuara dan adanya perasaan aman,apabila perawatan dilakukan dengan penuh keyakinan,ikhlas serta adanya kasih saying.
            Keempat,masa toddler/bermain usia satu sampai duatahun.Pada masa ini,anak mengalami beberapa perubahan dalam pertumbuhan fisik.Pada tahun kedua anak akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 1,5-2,5 kg dan panjang badan 6-10 cm.
            Kelima,masa pra sekolah yanterjadi pada usia 3-5 tahun.
Masa ini pertumbuhan fisik khususnya berat badan mengalami kenaikan rata-rata pertahunnya adalah 2,3 kg.
            Keenam,masa sekolah terjadi pada usia 6-12 tahun.
Pertumbuhan dan perkembangan masa ini mengalami proses percepatan pada umur 10-12 tahun,dimana penambahan berat badan pertahun akan dapat 2,5 kg dan ukuran panjang tinggi badan sampai 5 cm pertahun.
            Ketujuh,masa remaja yang terjadi pada usia 12-18 tahun.
Pada masa remaja proses pertumbuhan dan perkembangan ditunjukan,adanya kematangan dalam beberapa fungsi,seperti endokrin,kematangan fungsi seksual hingga sudah menunjukkan kedewasaan dalam hidup bermasyarakat




PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK
Kognitif (berfikir) adalah bagian dari unsur perkembngan anak yang perlu anda cermati lebih dalam.Melalui perkembangan kognitif ,akan memiliki kemampuan kecerdasan dalambebagai hal.Mari kita kaji bagaimana perkembangan kognitif pada anak.
Ketika anak usia 0-2 tahun,anak memiliki kemampuan dalam menerima berbagai informasi,dengan cara melihat,mendengar dan menyentuh.Dengan melihat anak tahu benda-benda disekitar.Dengan mendengar anak mampu memperoleh informasi dari orang lain.Dengan menyentuh anak tahu bebagai sifat benda di sekitar,seperti apakah benda tajam,halus ataupun keras.
Memasuki usia 2-7 tahun,anak sudah mulai mengenal lebih jelas benda-benda disekitarnya.Tetapi belum mampu mengoperasionalisasi apa yang ada dipikirannya.Selain itu pada pikirannya juga bersifat transduktif  dimana anak mengaggap semuanya sama seperti pada seorang pria adalah ayah ,semua pria adalah ayah,pikiran kedua adalah pikiran animisme,seperti apabila ank terbentur benda mati seperti kursi,anak akan memukulnya kebenda tersebut.
Ketika anak memasuki usia antara 7-11 tahun,terjadi perkembangan kognitif,yang di mulai dengan pikiran realitas dari dunia nyadan mempunyai anggapan yang sama dengan orang lain.Sifat egosentrik sudah mulai hilang karena anak mempunyai pengertian tentang keterbatasan diri sendiri ,sifat pikiran sudah mempunyai dua pandangan atau disebut reversibilitas.
Perkembangan selanjutnya adalah ketika usia melebihi 11 tahun.Kemampuan Kemampuan kognitif anak adalah anak mampu menyelesaikan aktivitas dalam pikiran,mampu menduga dan memperkirakan dengan pikiran yang abstrak.
PERKEMBANGAN PSIKOSEKSUAL PADA  ANAK
Psikoseksual anak adalah bagian penting yang perlu anda ketahui,jangan merasa tabu untuk mengenalkan masalah seksual pada anak. Melalui perkembangan ini,anda akan tahu apa arti sesungguhnya perkembangan pikoseksual itu. Intinya pikoseksual adalah kepuasan pada anak.Ingat ,kegagalan perkembangan saat masa anak-anak kemungkinan besar berdamapak pada perkembangan selanjutnya.Jangan dikira terjadi pemerkosaan,kekerasan seksual,dan kelainan seksual pada saat dewasa ini ,ujung-ujungnya ada kegagalan pemenuhan kebutuhan psiko seksual pada usia anak.
            Mari kita telaah dan berfikir,apa saja perkembangan psiko seksual pada anak itu.perkembangan ini di mulai usia 0-1 tahun.pada usia tersebut,menurut para ahli perkembangan seksual,masuk pase oral,dimana segala kepuasan,kesenangan,kenikmatan diarahkan kemulut,melalui menghisap,menggigit,mengunya dan bersuara.coba anda lihat bagaimana anak mengekpresikan marahnya ketika anak tidak puas,bias dilakukan dengan cara menggigit,atau yang lain.tetapi,anda sebagai orang tua kadang-kadang menolak bahkan memarahinya,lantas apa yang terjadi pada anak bila kepuasan di halanginya,terjadilah kegagalan dalam pemenuhan kebutuhan tersebut.
            Demikian ugu,anda tidak akan biarkan terus bila anak melakukan kebiasan atau hal tersebut,seperti menghisap,mengunya atau laennya terhadap benda yang membahayakan untuk itu,perlu menggantinya dengan benda yang tidak membahayakan sianak.
            Ketika usia sudah masuk 1-3 tahhun,terjadi perkembangan pase anal dengan beralih kepuasan kepengeluaran tinja.anak akan merasa puas bila mampu melakukannya sendiri,serta mulai mencoba mempelajari struktur tubuhnya atau lat kelaminnya.
            Perkembangan selanjutnya adalah pada usia 3-5 tahun atau dikenal fase oedival.dimana kepuasan anak terletak pada rangsangan autoerotic,yaitu meraba – raba,merasa kan keikmatan dari beberapa daerah erogennya,suka pada lawan jenis.anak laki-laki cenderung suka ibunya dri pada ayahnya.
            Memasuki usia 5-12 tahun,anak sudah mulai masuk dalam fase terintegrasi,dimana anak akan masuk dalammasa pubertas,dan berhadapan langsung pada tuntutan social,seperti suka hububgan dengan kelompoknyaatau sebaya,dan dorongan libido mulai mereda. Selanjutnya,usia diatas 12 tahun akan masuk masa pubertas atau dikenaldengan fase genital,dimana kepuasan anak kembali bangkit dan mengarah pada perasaan cinta yang matang terhadap lawan jenis.
PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK
            Bagaimana anak mengembangkan kemampuan social nya?
Terakadang anda sebagai orang tua,terlalu protektif,anakl tidak boleh berteman dengan teman sebayanya ataupun kalau berteman pilih-pilih.Hal ini membuat anak memiliki sifat diskriminatif.Wajar anda sebagai orang tua agak protektif,karena kekhawariran akan pergaulan,tetapi jangan terlalu,agar anda tidak salah  dalam mengasuh anak dalam memenuhi perkembangan ppsikoseksual.ada beberapa tahap perkembngan yang perlu anda ketahui.
Usia 0-1 tahun,anak di usia ini sudah timbul rasa percaya dan tidak percaya pada orang lain,khususny7a dalam hubungan social.Sebagai contoh bila ank mau anda ajak kemudian anak menjajikan dibelikan mainan.Ternyata anda tidak membelikanya.Apa yang terjadi?anak tidk percaya pada anda lagi.
Saat memasuki usia 1-3 tahun,anak sudah mulai ada kemandirian dal;am melakukan tugas seperti bermain,berjalan berbicara yang tentu berhubungan dangan lingkungannya.Kemudian rasa malu  dan ragupun akan terjadi pada anak.,wajar anak merasa malu,ketika tugas atau kegiatannya dilihat oleh orang lain.
Ketika menginjak usia 4-6 tahun kemampuan berinisiatrif untu bersosialisasi atau menjalankan prrannya sebagai anak akan timbul.Sering kali anak ingin tahu tentang lingkungan sekitar.Tidak heran anak akan sering bertanya ,kita sebagai orang tua harus pandai-pandai menjawab apa yang ditanyakan oleh anak.
Usia 6-12 tahun,anak sudah masa sekolah.Perkembangan psikososial berorientasi pada lingkungan anak sekolah.Anak akan rajin untuk mengerjakan sesuatu apa yang diinginkannya,tetapi muncul rasa rendah diri ketika bertaman dengan teman sebayanya.bila tidak tercapai hal yg diingankan.
Mengapa Anak Mengalami Masa Pertumbuhan?
Pertama faktor keturunan (genetic)adalah faktor utama sebagai dasar dalam mencapai tumbuh kembang anak di samping faktor  lain.Fktor ini ,meliputi faktor bawaan,jenis kelamin suku bangsa.Faktor ini dapat di tentukan dengan intensitas jaringan terhadap rangsangan,umur pubertas dan berhentinya pertumbuhan tulang.
Kedua faktor lingkungan ,merupakan faktor yang memegang peranan penting dalam menentukan tercapai atau tidaknya potensi yang sudah dimilkinya,yang meliputi lingkungan prenatal(lingkungan yang masih dalam kandungan)dan lingkungan post natal (lingkungan setelah bayi lahir).
Lingkunan dalam kandungan dapat terjadi selama anak dalam masa kandungan,mulai konsepsi sampai lahir yang meliputi gizi ibu hamil,lingkungan mekanis seperti posisi janin dalam uterus(rahim)
Faktor lingkungan yang lain adalah radiasi yang dapat menyebabkan kerusakn pada organ otak janin,infeksi dalam kandungan juga akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi,demikian juga stress dapat mempengaruhi kegagalan tumbuh kembang.
Faktor psikoseksual pun dapat ber pengaruh dalam pertumbuhn dan perkembangan janin,seperti stimalasi ,motivasi belajar,hukuman sekelompok sebaya,stress,sekolah,cinta,kasihg dan lai-lain. Faktor lainnya adalah faktor keluarga.
BAB 2
2.BERIKAN MAKANAN BEGIZI 
Kmponen zat gizi dalam nutrisi anak .
  1. Karbohidrat
  2. Protein
  3. Lemak
  4. Vitamin
  5. Air
  6. Mineral

Asi Makanan Terbaik bayi
Zat gizi yang ideal di dalam nya .
  • Imunoglobin
  • Lisozim
  • Laktoperoksidase
  • Bifidus
  • Stafilokokus
  • Laktoferin dan transferin

BAB 3
Jangan Lupa Imunisasi
Macam-macam imunisasi
      Imunisasi aktif
      Imunisasi pasif
4.Kembangkan Potensi Kecerdasan Anak
            Banyak orang tua salah dalm menafsirkan kecerdasan anak.anak dianggap cerdas bila mampu berhitung atau menghapal saja.Tetapi sebenarnya disini adalah kemampuan kognitif,kemampuan bahasa yang tinggi ,Kemampuan motorik yang tinggi,melalui perkembangan motorik kasar atau halus sehingga kecerdasan tersebut bila diasah lebih tepat akan cerdas dan berprestasi.
BAB 4
Kembangkan Potensi Kecerdasan Anak
Mengenalkan Benda-benda luar angkasa dan Tata Surya
Mengenalkan benda luar angkasa dapat menggugah fantasi dan dapat mengekspreskan sains.
Mengajarkan anak tentang astronomi atau ilmu perbintangan adalah mudah-mudah susah karena anak yang polos terkadang keluar berbagai pertanyaan kritis yang ulit di jawab.Secara umum anak yang telah memasuki usia taman kanak-kanak atau sekolah dasar sudah mulai mengetahui apa itiu pendidikan
            Anak yang kritis itu biasanya mulai 3-10 tahunkarena rasa ingi tahu anak-anak usia ytersebut sangat besar bahkan 70% dari usia anak tersebut memiliki keingintahuan seperti itu
            Dunia astronomi dapat menggugah daya apresiasi.Dunia luar angkasa akan memikat daya tarik mereka karena betapa besarnya alam semesta ini
            Demikian halnya dengan menggugah fantasi,alam semesta atau dunia luar angkasa bagi anak dapat menimbulkan fantasi sendiri dengan penjelasan yang baik.
            Belajar astronomi memang harus berinteraksi langsung dengan alam semesta ketika menjawab.Jawaban pun harus bisa dicerna oleh nalar anak sendiri.Dengan kata-kata yang sederhna.
            Biasanya juga,jika rasa ingin ntahu  juga tentang dunia luar angkasa ini tergali akan muncul inisiatif anak untuk mencari jawaban.Dari sini nilai kreatifitas anak terlihat.Jikla anak cerdas dia akan menganalisis jawban yang di carinya itu.
Orang tua pun harus belajar
Anak kecil rasa ingin tahunya sangat besar sekali .Ketika anak mulai bertanya mengenaialam siesta ini,hendaknya orang tua dapat menjawab dengan tepat.Jika belum tahu jawabannya jangan bohong.
Orang perlu tahu banyak membaca guna menambah wawasan termasuk mengenai tata surya dan ilmu perbintangan,agar jika anak bertanya dapat menjawab dengan tepat.
Ketika sudah bisa bicara akan sealau menanyakan seperti kenapa matahari ada pada pagi hari,jadi jika diajukan pertanyaan oleh anak orang tua dapat menjawab
Jika orang tua banyak tahu pasti meransang anak untuk selalu terus bertanya sehingga akan menambah wawasan anak dan menambah kecerdasan pada anak.
Mengenalkan Sarana Transportasi
          Pengetahuan mengenai transportasi itu sangat penting untuk diketahui si anak,seperti bandara ,stasiun,kreta api,terminal,dan pelabuhan.Dalam pengenalan informasi tidak hanya dijelaskan namun di perlihatkan,alat-alat transportasi tersebut.Cara ini sangat penting agar anak lebih memahami dan mengingat alat-alat transportasi yang di jelaskan oleh orang tua.
      
Mengembangkan Bakat Melalui Menggambar
       Anak ,memiliki potensi sangat besar tercermin dalam bakat yang dimilkinya.Potensi yang ada haruslah di kembangkan,Seperti misalnya bakat menggambar.Anak yang berbakat menggambar dapat terlihat ketika masih kecil anak suka mencoret-coret buku atau mengecat-ngecat buku,maka anak tersebut bisa jadi memiliki bakat yang besar dalam menggambar.Dengan berlatih terus menerupsikologi anak dapat terbentuk dengan mudah

.
     Merangsang Anak Gemar Membaca
Membaca merupakan salah satu sumber untuk mendapatkan berbagai macam ilmu pengetauan.Melalui membaca segala bentuk wawasan dapat kita ketahui dan kita pahami.Apalagi seorang anak yang sudah dibiasakan untuk membaca sejak kecil akan sangat mudah membentuk pribadi yang cerdas.Untuk itu dalam psikologi seorang anak sangat di perlukan kebiasaan membaca,demi kpentingan anak tersebut.
Mengembangkan Sikap Empati
Ketika anak-anak sedang asyik bermain,ada seorang nenek yang meminta-minta,Si anak langsung berhenti main dan memberikan uang yang ada di sakunya,itulah anak yang memiliki rasa empati yang tinggi.Rasa empati ini sangat perlu di ajarkan untuk anak-anak,agar kelak jika telah besar akan terbiasa melakukan hal-hal yang baik.
Ada beberapa cara agar anak dapat tumbuh rasa empati yaitu:
  1. Asah ketajaman dalam berempati
  2. Semakin dini semakin baik
  3. Zakat-sedekah ajang Latihan
  4. Berbagi dengn teman
  5. Tumbuhkan rasa toleransi


BAB 5
Pilih  Permainan yang Tepat dan Edukatif
Ketika anak memasuki masa bermain,atau bahasa lain toddler,anak akan selalu membutuhkan kesenangan.Disanalah anak akan sangat menginginkan banyak permainan-permainan.Maka sewbagai orang tua harus pandai-pandai memberikan permainan yang baik untuk anak-anak.  Berikan mainan yang mampu mengasah kecerdasan seoarang anak.
Bagaimanakah Fungsi Bermain pada Anak?
Permainan anan-anak sangat menentukan perkembangan kepribadian anak tersebut,membantu perkembangan motorik dan sensorik.Jika permainan yang dilakukan anak-anak itu mendidik maka anak akan terbiasa sampai besar,untuk melakukan hal-hal yang positif.
Mengenalkan Alat Permainan Edukatif (APE)
APE merupakan alat permainan yang dapat memberikan fungsi permainan optimal dalam perkembangan anak.Melalui alat ini anak akan selalu dapat mengembangkan kemampuan fisik,bahasa,kognitif dan adaptasi  social.Inti nya alat ini sangat bagus bagi perkembangan anak.

BAB 6
Ajarkan Komunikasi Sejak Dini
Mengenalkan unsur-unsur dalam komunikasi
Komunikasi dengan anak dapat terjadi efektif bila prosesnya dapat berjalan dengan baik.Proses komunikasi yang dimaksud disini adalah adanya pengiriman pesan yang dapat dipahami oleh anak.
Bagaimanakah  Sebaiknya  Sikap K omunikasi dengan Anak?
      Sikap berhadapan
      Sikap Mempertahankan Kontak
      Sikp Membungkuk ke Arah anak
      Sikap Terbuka
      Sikap Tetap Rileks

Reaksimu?

Share ya kalau suka

Tentang Penulis

1 ulasan:

  1. Blackjack Rules, Casino and Poker | JamBase
    When you play Blackjack, you should see the game screen. You should 충청남도 출장샵 see the dealer in the right hand. The 과천 출장안마 only two cards 태백 출장마사지 in the dealer's hand 부산광역 출장마사지 are 상주 출장마사지

    BalasPadam

close