BAB1
Orang Tua Perlu Tahu Cara Mempersiapkan Anak Tumbuh Sehat dan Cerdas
Siapa bilang anak sehat pasti cerdas…!
Dengan
membaca buku ini anda akan menepis persepsi masyarakat yang salah
ditafsirkan tentang image anak,anggapan kalau anak sehat pasti cerdas.
Belum tentu jawaban dari buku ini,karena kecerdasan anak dapat diasah
melalui stimulasi(rangsangan)kecerdasan.
Lalu untuk apa anak sehat itu?
Anak
sehat tentusangat membantu proses tumbuh kembang,jangan sampai
terlambat sebab kalau terlambat tentu dapat mengganggu kecerdasan
anak.Berarti sehat itu penting,kan?
Jawaban,ya,tentu penting.
Tetapi kenapa sehat belum tentu cerdas?Benar,ini bila orang tua hanya
memperhatikan sehat fisik saja,tanpa membirakan pemenuhan kebutuhan yang
lain,seperti asah,asih,dan asuh.Alasan tersebut karena banyak orang tua
yang mengasuh anak di serahkan pada sang pembantu (beby sister) yang
belum tahu caranya,tanpa memberi sentuhan sedikitpun,tanpa memperdulikan
kebutuhan anak sehingga potensi yang ada pada diri anak tidak di
kembang kan.
Karena itu dengan membaca buku ini anda
akan memahami bagaimana mempersiapkan anak agar tumbuh sehat dan cerdas
dengan memehami berbagai kunci sukses yang terkandung dalam buku ini.
Kunci sukses 1
Kenali tumbuh kembang anak sejag dini
Masa tumbuh kembang adalah masa-masa tumbuh dalam membentuk kematangan
anak,masa tersebut dalam proses tumbuh kembang menurut para ahli
dikatakan sebagai masa telah bertambah jumlah dan besarnya sel pada
seluruh atau bagian tubuh secara kuantitatif (besaran) dan telah
bertambah sempyrnanya pungsi alat tubuh dalam mencapai proses
kematangan
Pada masa tersebut anak dapat mengalami
prosespercepatan dan perlambatan.banyak andajumpai pada anank –
anank,dalam proses menuju kematangan tidak sama ada yang cepat ada juga
yang lambat,hal tersebut kadang-kadang anda tidak sadari dan
menganggapnya hal yag biasa.bila anggapan demkian terus dibiarkan,dapat
mempengaruhi proses tumbuh kembang anak.
Selain itu
anda sebagai orang tua terkadang menggap masa tumbuh kembang anakdilihat
dari ukuran fisik saja tapi tidak memperlihatkan kematangan dalam aspe
yang lain,misalnya saja,aspek sosial sepertibagaimana anak
bersosialisasi (berkumpul) dengan taman sebayanya.selain aspek sosial
tersebut,ada aspek intelektual dan emosional yang perlu anda
diperhatikan juga aspek intelektual tersebut,dapat anda lihat dari
kemampuan secara simbolis dan abstrak,seperti
berbicara,bermain,berhitung dan membaca dll.abstrak emosiaonal dapat
ditunjukan dari prilaku sosial lingkungan anak.
Proses
tumbuh kembang tersebut mengingat anda,bahwa anank memiliki pola untuk
tumbuh dan berkembang yang berpariasi dari anak satudengan
lainnya,karena itu,memahami pola pertumbuhan dan perkembangan adalah
suatu keharusan yang harus dimiliki oleh orang tua,karena pola tersebut
merupakan suatu gambaran dari pristiwa dimana organ atau fungsi tubuh
akan mengalami percepatan dan perlambatan dalam proses menuju
kematangan.
Banyak sekali anda jumpai orang tua dalam
memenuhi kebutuhan anak sering kali tidak memperhatikan waktu yang tepat
untuk simulasi sehingga hasilnya pun tidak optimal.
BAGAIMANA TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN ANAK?
Pertama pada masa kandungan masa ini terdiri dua tahap,yaitu tahap
embrio dan tahap fetus pada tap embrio,tumbuhan dimulai pada 8
minggupertama dengan terjadi dafisiensi yang cepat dari oknum suatu
organism dan terbentuknya manusia.Pada minggu kedua,terjadi pembelahan
sel,terjadi pemisahan jaringan antara endoterm dan ectoderm pada minggu
ketiga terbntk lapsan mesoderm.Pada masa ini sampai umur tujuh
minggu,belum tampak terjadi gerakan yang menonjol hanya denyut jantung
janin sudah mulai dapat berdenyut sejak 4 minggu.
Kedua,masa neonates (0-28 hari). Pada masa ini terjadi kehidupan yang
baru dalam ekstra uteri(di luar kandungan),dengan terjadi proses
adaptasi semua system organ tubuh.Proses adaptasi dari organ tersebut
dimulai dari aktivitas pernapasan yang disertai pertukaran o2 dan Co2
dengan frekuensi pernapasan antara 35-50 kali per menit.
Ketiga,masa bayi,pada usia tiga bulan pertama,ditemukan berbagai
perubahan yang terjadi,diantaranya kemampuan mengelola gerakan bola mata
untuk mengikat suatu objek yang akan lebih sempurna sejalan dengan
penambahan umur,kemampuan mengenal dan membedakan seorang dengan
benda,melakukan senyum,bersuara dan adanya perasaan aman,apabila
perawatan dilakukan dengan penuh keyakinan,ikhlas serta adanya kasih
saying.
Keempat,masa toddler/bermain usia satu sampai
duatahun.Pada masa ini,anak mengalami beberapa perubahan dalam
pertumbuhan fisik.Pada tahun kedua anak akan mengalami kenaikan berat
badan sekitar 1,5-2,5 kg dan panjang badan 6-10 cm.
Kelima,masa pra sekolah yanterjadi pada usia 3-5 tahun.
Masa ini pertumbuhan fisik khususnya berat badan mengalami kenaikan rata-rata pertahunnya adalah 2,3 kg.
Keenam,masa sekolah terjadi pada usia 6-12 tahun.
Pertumbuhan
dan perkembangan masa ini mengalami proses percepatan pada umur 10-12
tahun,dimana penambahan berat badan pertahun akan dapat 2,5 kg dan
ukuran panjang tinggi badan sampai 5 cm pertahun.
Ketujuh,masa remaja yang terjadi pada usia 12-18 tahun.
Pada
masa remaja proses pertumbuhan dan perkembangan ditunjukan,adanya
kematangan dalam beberapa fungsi,seperti endokrin,kematangan fungsi
seksual hingga sudah menunjukkan kedewasaan dalam hidup bermasyarakat
PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK
Kognitif
(berfikir) adalah bagian dari unsur perkembngan anak yang perlu anda
cermati lebih dalam.Melalui perkembangan kognitif ,akan memiliki
kemampuan kecerdasan dalambebagai hal.Mari kita kaji bagaimana
perkembangan kognitif pada anak.
Ketika anak usia 0-2 tahun,anak
memiliki kemampuan dalam menerima berbagai informasi,dengan cara
melihat,mendengar dan menyentuh.Dengan melihat anak tahu benda-benda
disekitar.Dengan mendengar anak mampu memperoleh informasi dari orang
lain.Dengan menyentuh anak tahu bebagai sifat benda di sekitar,seperti
apakah benda tajam,halus ataupun keras.
Memasuki usia 2-7
tahun,anak sudah mulai mengenal lebih jelas benda-benda
disekitarnya.Tetapi belum mampu mengoperasionalisasi apa yang ada
dipikirannya.Selain itu pada pikirannya juga bersifat transduktif
dimana anak mengaggap semuanya sama seperti pada seorang pria adalah
ayah ,semua pria adalah ayah,pikiran kedua adalah pikiran
animisme,seperti apabila ank terbentur benda mati seperti kursi,anak
akan memukulnya kebenda tersebut.
Ketika anak memasuki usia antara
7-11 tahun,terjadi perkembangan kognitif,yang di mulai dengan pikiran
realitas dari dunia nyadan mempunyai anggapan yang sama dengan orang
lain.Sifat egosentrik sudah mulai hilang karena anak mempunyai
pengertian tentang keterbatasan diri sendiri ,sifat pikiran sudah
mempunyai dua pandangan atau disebut reversibilitas.
Perkembangan
selanjutnya adalah ketika usia melebihi 11 tahun.Kemampuan Kemampuan
kognitif anak adalah anak mampu menyelesaikan aktivitas dalam
pikiran,mampu menduga dan memperkirakan dengan pikiran yang abstrak.
PERKEMBANGAN PSIKOSEKSUAL PADA ANAK
Psikoseksual
anak adalah bagian penting yang perlu anda ketahui,jangan merasa tabu
untuk mengenalkan masalah seksual pada anak. Melalui perkembangan
ini,anda akan tahu apa arti sesungguhnya perkembangan pikoseksual itu.
Intinya pikoseksual adalah kepuasan pada anak.Ingat ,kegagalan
perkembangan saat masa anak-anak kemungkinan besar berdamapak pada
perkembangan selanjutnya.Jangan dikira terjadi pemerkosaan,kekerasan
seksual,dan kelainan seksual pada saat dewasa ini ,ujung-ujungnya ada
kegagalan pemenuhan kebutuhan psiko seksual pada usia anak.
Mari kita telaah dan berfikir,apa saja perkembangan psiko seksual pada
anak itu.perkembangan ini di mulai usia 0-1 tahun.pada usia
tersebut,menurut para ahli perkembangan seksual,masuk pase oral,dimana
segala kepuasan,kesenangan,kenikmatan diarahkan kemulut,melalui
menghisap,menggigit,mengunya dan bersuara.coba anda lihat bagaimana anak
mengekpresikan marahnya ketika anak tidak puas,bias dilakukan dengan
cara menggigit,atau yang lain.tetapi,anda sebagai orang tua
kadang-kadang menolak bahkan memarahinya,lantas apa yang terjadi pada
anak bila kepuasan di halanginya,terjadilah kegagalan dalam pemenuhan
kebutuhan tersebut.
Demikian ugu,anda tidak akan
biarkan terus bila anak melakukan kebiasan atau hal tersebut,seperti
menghisap,mengunya atau laennya terhadap benda yang membahayakan untuk
itu,perlu menggantinya dengan benda yang tidak membahayakan sianak.
Ketika usia sudah masuk 1-3 tahhun,terjadi perkembangan pase anal
dengan beralih kepuasan kepengeluaran tinja.anak akan merasa puas bila
mampu melakukannya sendiri,serta mulai mencoba mempelajari struktur
tubuhnya atau lat kelaminnya.
Perkembangan selanjutnya
adalah pada usia 3-5 tahun atau dikenal fase oedival.dimana kepuasan
anak terletak pada rangsangan autoerotic,yaitu meraba – raba,merasa kan
keikmatan dari beberapa daerah erogennya,suka pada lawan jenis.anak
laki-laki cenderung suka ibunya dri pada ayahnya.
Memasuki usia 5-12 tahun,anak sudah mulai masuk dalam fase
terintegrasi,dimana anak akan masuk dalammasa pubertas,dan berhadapan
langsung pada tuntutan social,seperti suka hububgan dengan
kelompoknyaatau sebaya,dan dorongan libido mulai mereda.
Selanjutnya,usia diatas 12 tahun akan masuk masa pubertas atau
dikenaldengan fase genital,dimana kepuasan anak kembali bangkit dan
mengarah pada perasaan cinta yang matang terhadap lawan jenis.
PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK
Bagaimana anak mengembangkan kemampuan social nya?
Terakadang
anda sebagai orang tua,terlalu protektif,anakl tidak boleh berteman
dengan teman sebayanya ataupun kalau berteman pilih-pilih.Hal ini
membuat anak memiliki sifat diskriminatif.Wajar anda sebagai orang tua
agak protektif,karena kekhawariran akan pergaulan,tetapi jangan
terlalu,agar anda tidak salah dalam mengasuh anak dalam memenuhi
perkembangan ppsikoseksual.ada beberapa tahap perkembngan yang perlu
anda ketahui.
Usia 0-1 tahun,anak di usia ini sudah timbul rasa
percaya dan tidak percaya pada orang lain,khususny7a dalam hubungan
social.Sebagai contoh bila ank mau anda ajak kemudian anak menjajikan
dibelikan mainan.Ternyata anda tidak membelikanya.Apa yang terjadi?anak
tidk percaya pada anda lagi.
Saat memasuki usia 1-3 tahun,anak
sudah mulai ada kemandirian dal;am melakukan tugas seperti
bermain,berjalan berbicara yang tentu berhubungan dangan
lingkungannya.Kemudian rasa malu dan ragupun akan terjadi pada
anak.,wajar anak merasa malu,ketika tugas atau kegiatannya dilihat oleh
orang lain.
Ketika menginjak usia 4-6 tahun kemampuan
berinisiatrif untu bersosialisasi atau menjalankan prrannya sebagai anak
akan timbul.Sering kali anak ingin tahu tentang lingkungan
sekitar.Tidak heran anak akan sering bertanya ,kita sebagai orang tua
harus pandai-pandai menjawab apa yang ditanyakan oleh anak.
Usia
6-12 tahun,anak sudah masa sekolah.Perkembangan psikososial berorientasi
pada lingkungan anak sekolah.Anak akan rajin untuk mengerjakan sesuatu
apa yang diinginkannya,tetapi muncul rasa rendah diri ketika bertaman
dengan teman sebayanya.bila tidak tercapai hal yg diingankan.
Mengapa Anak Mengalami Masa Pertumbuhan?
Pertama
faktor keturunan (genetic)adalah faktor utama sebagai dasar dalam
mencapai tumbuh kembang anak di samping faktor lain.Fktor ini ,meliputi
faktor bawaan,jenis kelamin suku bangsa.Faktor ini dapat di tentukan
dengan intensitas jaringan terhadap rangsangan,umur pubertas dan
berhentinya pertumbuhan tulang.
Kedua faktor lingkungan ,merupakan
faktor yang memegang peranan penting dalam menentukan tercapai atau
tidaknya potensi yang sudah dimilkinya,yang meliputi lingkungan
prenatal(lingkungan yang masih dalam kandungan)dan lingkungan post natal
(lingkungan setelah bayi lahir).
Lingkunan dalam kandungan dapat
terjadi selama anak dalam masa kandungan,mulai konsepsi sampai lahir
yang meliputi gizi ibu hamil,lingkungan mekanis seperti posisi janin
dalam uterus(rahim)
Faktor lingkungan yang lain adalah radiasi
yang dapat menyebabkan kerusakn pada organ otak janin,infeksi dalam
kandungan juga akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
bayi,demikian juga stress dapat mempengaruhi kegagalan tumbuh kembang.
Faktor
psikoseksual pun dapat ber pengaruh dalam pertumbuhn dan perkembangan
janin,seperti stimalasi ,motivasi belajar,hukuman sekelompok
sebaya,stress,sekolah,cinta,kasihg dan lai-lain. Faktor lainnya adalah
faktor keluarga.
BAB 2
2.BERIKAN MAKANAN BEGIZI
Kmponen zat gizi dalam nutrisi anak .
- Karbohidrat
- Protein
- Lemak
- Vitamin
- Air
- Mineral
Asi Makanan Terbaik bayi
Zat gizi yang ideal di dalam nya .
- Imunoglobin
- Lisozim
- Laktoperoksidase
- Bifidus
- Stafilokokus
- Laktoferin dan transferin
BAB 3
Jangan Lupa Imunisasi
Macam-macam imunisasi
Imunisasi aktif
Imunisasi pasif
4.Kembangkan Potensi Kecerdasan Anak
Banyak orang tua salah dalm menafsirkan kecerdasan anak.anak dianggap
cerdas bila mampu berhitung atau menghapal saja.Tetapi sebenarnya disini
adalah kemampuan kognitif,kemampuan bahasa yang tinggi ,Kemampuan
motorik yang tinggi,melalui perkembangan motorik kasar atau halus
sehingga kecerdasan tersebut bila diasah lebih tepat akan cerdas dan
berprestasi.
BAB 4
Kembangkan Potensi Kecerdasan Anak
Mengenalkan Benda-benda luar angkasa dan Tata Surya
Mengenalkan benda luar angkasa dapat menggugah fantasi dan dapat mengekspreskan sains.
Mengajarkan
anak tentang astronomi atau ilmu perbintangan adalah mudah-mudah susah
karena anak yang polos terkadang keluar berbagai pertanyaan kritis yang
ulit di jawab.Secara umum anak yang telah memasuki usia taman
kanak-kanak atau sekolah dasar sudah mulai mengetahui apa itiu
pendidikan
Anak yang kritis itu biasanya mulai 3-10
tahunkarena rasa ingi tahu anak-anak usia ytersebut sangat besar bahkan
70% dari usia anak tersebut memiliki keingintahuan seperti itu
Dunia astronomi dapat menggugah daya apresiasi.Dunia luar angkasa akan
memikat daya tarik mereka karena betapa besarnya alam semesta ini
Demikian halnya dengan menggugah fantasi,alam semesta atau dunia luar
angkasa bagi anak dapat menimbulkan fantasi sendiri dengan penjelasan
yang baik.
Belajar astronomi memang harus berinteraksi
langsung dengan alam semesta ketika menjawab.Jawaban pun harus bisa
dicerna oleh nalar anak sendiri.Dengan kata-kata yang sederhna.
Biasanya juga,jika rasa ingin ntahu juga tentang dunia luar angkasa
ini tergali akan muncul inisiatif anak untuk mencari jawaban.Dari sini
nilai kreatifitas anak terlihat.Jikla anak cerdas dia akan menganalisis
jawban yang di carinya itu.
Orang tua pun harus belajar
Anak
kecil rasa ingin tahunya sangat besar sekali .Ketika anak mulai
bertanya mengenaialam siesta ini,hendaknya orang tua dapat menjawab
dengan tepat.Jika belum tahu jawabannya jangan bohong.
Orang perlu
tahu banyak membaca guna menambah wawasan termasuk mengenai tata surya
dan ilmu perbintangan,agar jika anak bertanya dapat menjawab dengan
tepat.
Ketika sudah bisa bicara akan sealau menanyakan seperti
kenapa matahari ada pada pagi hari,jadi jika diajukan pertanyaan oleh
anak orang tua dapat menjawab
Jika orang tua banyak tahu pasti
meransang anak untuk selalu terus bertanya sehingga akan menambah
wawasan anak dan menambah kecerdasan pada anak.
Mengenalkan Sarana Transportasi
Pengetahuan mengenai transportasi itu sangat penting untuk diketahui si
anak,seperti bandara ,stasiun,kreta api,terminal,dan pelabuhan.Dalam
pengenalan informasi tidak hanya dijelaskan namun di
perlihatkan,alat-alat transportasi tersebut.Cara ini sangat penting agar
anak lebih memahami dan mengingat alat-alat transportasi yang di
jelaskan oleh orang tua.
Mengembangkan Bakat Melalui Menggambar
Anak
,memiliki potensi sangat besar tercermin dalam bakat yang
dimilkinya.Potensi yang ada haruslah di kembangkan,Seperti misalnya
bakat menggambar.Anak yang berbakat menggambar dapat terlihat ketika
masih kecil anak suka mencoret-coret buku atau mengecat-ngecat buku,maka
anak tersebut bisa jadi memiliki bakat yang besar dalam
menggambar.Dengan berlatih terus menerupsikologi anak dapat terbentuk
dengan mudah
.
Merangsang Anak Gemar Membaca
Membaca
merupakan salah satu sumber untuk mendapatkan berbagai macam ilmu
pengetauan.Melalui membaca segala bentuk wawasan dapat kita ketahui dan
kita pahami.Apalagi seorang anak yang sudah dibiasakan untuk membaca
sejak kecil akan sangat mudah membentuk pribadi yang cerdas.Untuk itu
dalam psikologi seorang anak sangat di perlukan kebiasaan membaca,demi
kpentingan anak tersebut.
Mengembangkan Sikap Empati
Ketika
anak-anak sedang asyik bermain,ada seorang nenek yang meminta-minta,Si
anak langsung berhenti main dan memberikan uang yang ada di
sakunya,itulah anak yang memiliki rasa empati yang tinggi.Rasa empati
ini sangat perlu di ajarkan untuk anak-anak,agar kelak jika telah besar
akan terbiasa melakukan hal-hal yang baik.
Ada beberapa cara agar anak dapat tumbuh rasa empati yaitu:
- Asah ketajaman dalam berempati
- Semakin dini semakin baik
- Zakat-sedekah ajang Latihan
- Berbagi dengn teman
- Tumbuhkan rasa toleransi
BAB 5
Pilih Permainan yang Tepat dan Edukatif
Ketika
anak memasuki masa bermain,atau bahasa lain toddler,anak akan selalu
membutuhkan kesenangan.Disanalah anak akan sangat menginginkan banyak
permainan-permainan.Maka sewbagai orang tua harus pandai-pandai
memberikan permainan yang baik untuk anak-anak. Berikan mainan yang
mampu mengasah kecerdasan seoarang anak.
Bagaimanakah Fungsi Bermain pada Anak?
Permainan
anan-anak sangat menentukan perkembangan kepribadian anak
tersebut,membantu perkembangan motorik dan sensorik.Jika permainan yang
dilakukan anak-anak itu mendidik maka anak akan terbiasa sampai
besar,untuk melakukan hal-hal yang positif.
Mengenalkan Alat Permainan Edukatif (APE)
APE
merupakan alat permainan yang dapat memberikan fungsi permainan optimal
dalam perkembangan anak.Melalui alat ini anak akan selalu dapat
mengembangkan kemampuan fisik,bahasa,kognitif dan adaptasi social.Inti
nya alat ini sangat bagus bagi perkembangan anak.
BAB 6
Ajarkan Komunikasi Sejak Dini
Mengenalkan unsur-unsur dalam komunikasi
Komunikasi
dengan anak dapat terjadi efektif bila prosesnya dapat berjalan dengan
baik.Proses komunikasi yang dimaksud disini adalah adanya pengiriman
pesan yang dapat dipahami oleh anak.
Bagaimanakah Sebaiknya Sikap K omunikasi dengan Anak?
Sikap berhadapan
Sikap Mempertahankan Kontak
Sikp Membungkuk ke Arah anak
Sikap Terbuka
Sikap Tetap Rileks
Blackjack Rules, Casino and Poker | JamBase
BalasPadamWhen you play Blackjack, you should see the game screen. You should 충청남도 출장샵 see the dealer in the right hand. The 과천 출장안마 only two cards 태백 출장마사지 in the dealer's hand 부산광역 출장마사지 are 상주 출장마사지